Akan Mati – Tazkirah Buat Renungan Kita Bersama

Buat Renungan Bersama – Sahabat, Saudara dan Keluarga Tercinta. Moga Allah Menempatkan Kita Dikalangan Hamba2nya Yang Beriman.

Kewajiban Mendidik Anak

Islam adalah agama yang mulia dan mengajarkan semua hal dalam kehidupan kita. Di antara hal yang diajarkan oleh Islam adalah tentang kewajiban orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Islam telah mengajarkan bagaimana cara mendidik anak yang benar dan apa yang harus diajarkan kepada anak menurut Al Qur’an dan As Sunnah.

Kewajiban orang tua untuk mendidik dan membekali anak dengan pendidikan agama berlaku sepanjang hayatnya, tidak akan pernah berhenti hingga anak-anak mereka dewasa dan bertanggung jawab sepenuhnya atas diri mereka sendiri. Hal ini karena kebutuhan manusia terhadap ilmu agama (Islam) itu melebihi kebutuhannya terhadap makanan dan minuman.

Oleh karena itu, apabila seorang bapak hanya memenuhi kebutuhan makan dan minum anak-anaknya saja tanpa memberikan pengetahuan agama yang cukup, maka seolah-olah sang bapak telah membunuh anak-anaknya dengan cara mencekiknya sehingga sang anak pun mati karena kehabisan nafas.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu (istri dan anak-anakmu) dari api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu” (QS. At Tahrim : 6). Ayat ini menjadi dasar adanya kewajiban pendidikan di dalam keluarga bagi setiap atau suami. Dan kewajiban ini tidaklah mungkin terlaksana jika tidak dilandasi dengan ilmu, pengamalan dan dakwah.

Jangan sampai sang bapak melakukan 3 hal berikut ini; Pertama, mengajarkan/memerintahkan/menganjurkan atau minimal memberi isyarat untuk berbuat kemaksiatan kepada istri dan anak-anaknya. Kedua, memberikan contoh dalam berbuat maksiat. Ketiga, diam terhadap kemaksiatan yang dilakukan oleh anak dan istrinya.

Banyak kita jumpai di kalangan orang tua yang salah dalam mendidik anak-anaknya atau salah dalam memprioritaskan pendidikan bagi anak-anaknya. Dalam Islam telah diajarkan tentang hal-hal yang harus diajarkan kepada anak-anak, yaitu:

Pertama, Ilmu.
Yang dimaksud di sini adalah ilmu syar’i. Menuntut ilmu syar’i adalah kewajiban setiap muslim. Oleh karena itu, kita wajib mengajarkannya kepada anak-anak kita. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Menuntut ilmu itu wajib (fardhu ‘ain) atas setiap muslim”. Ilmu harus didahulukan sebelum berkata dan beramal. Kita juga dilarang berbicara tanpa ilmu. Sehingga kita diperintahkan untuk bertanya kepada ahli ilmu jika kita tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu itu.

Kedua, At Tauhid.
Tauhid merupakan asas Islam yang tertinggi dan kewajiban yang paling pertama sebelum segala sesuatu yang wajib diajarkan dan diperkenalkan kepada anak-anak kita. Karena untuk taudhid lah, Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan manusia. Sebagaimana firman Allah yang artinya, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu” (QS. Adz Dzaariyaat : 56).

Ketiga, As Sunnah.
Banyak sekali dalil yang menyatakan tentang wajibnya berpegang pada Al Qur’an dan As Sunnah serta larangan menyalahinya. Sehingga hal ini wajib juga diajarkan pada anak-anak kita.

Keempat, Manhaj.
Manhaj adalah metode atau cara beragama yang benar sesuai dengan apa yang telah Allah syari’atkan kepada RasulNya. Atau bisa juga dikatakan bahwa manhaj adalah kita beragama dengan mengikuti cara beragamanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabat.

Kelima, Ibadah.
Di dalam pendidikan ibadah, kita menempuh tiga cara. Yaitu mengajarkan, memerintahkan dan menyertainya (mengajak dan menyertai anak-anak di dalam ibadah).

Keenam, Memerintahkan kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar.
Hal ini sangatlah penting karena amar ma’ruf dan nahi munkar adalah salah satu dasar (pokok ajaran) di dalam Islam. Umat ini akan hancur dan binasa jika tidak menegakannnya.

Ketujuh, adab dan akhlak.
Adab dan akhlak merupakan bagian penting dari agama ini sehingga wajib diajarkan kepada anak-anak kita.

Demikian beberapa hal yang wajib diajarkan kepada anak-anak kita. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita untuk dapat melaksanakan kewajiban yang sangat besar dan mulia ini. Wallahu ‘alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 24, 2008 by in Keluarga Bahagia.

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 24 other followers

Dari Penulis

Sekiranya anda suka apa yang sedikit saya kongsikan di sini, doakanlah kebaikan di sisi Allah swt buat saya dan keluarga. Semoga dosa-dosa saya diampunkan dan memperoleh rahmatNya, samada saya masih di sini atau sudah pun pergi menghadapNya. Jutaan terima kasih buat jasa anda, semoga anda juga dikurniakan yang lebih baik dariNya.
%d bloggers like this: